Makalah Elektro Tentang Komponen Elektronika

Makalah Elektro Tentang Komponen Elektronika


Alexa -


Makalah Elektro Tentang Komponen Elektronika

Dengan : Karya Anak Qidoel | File : Doc | Size : 70 kb







KATA PENGANTAR



Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Penyusunan makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran elektro tentang komponen elektronika. Selain itu tujuan dari penyusunan makalah ini juga untuk menambah wawasan tentang pengetahuan elektronik secara meluas. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Engkus selaku guru mata pelajaran elektro penyusun yang telah membimbing penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.



Akhirnya penyusun menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, penyusun menerima kritik dan saran agar penyusunan makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Untuk itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih dan semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




xxx, Juni 2012





Penyusun,




DAFTAR ISI



Halaman

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

BAB II PEMBAHASAN

A. Resistor

B. Dioda



BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran



DAFTAR PUSTAKA






BAB I


PENDAHULUAN



Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/ teknik elektronika dan instrumentasi.






BAB II


PEMBAHASAN KOMPONEN ELEKTRONIKA



A. Resistor

Resistor sama dengan tahanan atau penghambat, yang berarti adalah suatu komponen elektronik yang dapat menghambat gerak lajunya arus listrik. Resistor biasanya diberi huruf “R”, dengan satuan “Ohm”.

1. Resistor General / Biasa

Resistor ini bernilai tetap/konstant dan biasanya dibuat dari nikelin atau karbon.



2. Resistor Variable

Resistor yang dapat berubah-ubah ukurannya sesuai dengan yang kita inginkan (Potensiometer dan Trimpot).



3. Resistor NTC dan PTS, NTC

Resistor NTC dan PTS, NTC (Negative Temperature Coefficient), ialah resistor yang nilainya akan bertambah kecil bila terkena suhu panas. Sedangkan PTS (Positife Temperature Coefficient), ialah resistor yang nilainya akan bertambah besar bila temperaturnya menjadi dingin. LDR (Light Dependent Resistor) LDR (Light Dependent Resistor), ialah jenis resistor yang berubah hambatannya karena pengaruh cahaya.



B. Dioda

1. Pengertian Dioda

Dioda adalah piranti elektronik yang hanya dapat melewatkan arus dalam satu arah saja. Karena itu, dioda dapat dimanfaatkan sebagai penyearah arus listrik, yaitu piranti elektronik yang mengubah arus atau tegangan bolak-balik (AC) menjadi arus tegangan searah (DC).



2. Prinsip Kerja Dioda

Dioda terbentuk dari bahan semikonduktor tipe P dan N yang digabungkan. Dengan demikian dioda sering disebut PN junction. Dioda adalah gabungan bahan semikonduktor tipe N yang merupakan bahan dengan kelebihan elektron dan tipe P adalah kekurangan satu elektron sehingga membentuk Hole. Hole dalam hal ini berfungsi sebagai pembawa muatan.



3. Jenis-jenis Dioda

Pada dasarnya setiap dioda memiliki karakteristik yang sama tetapi ada beberapa dioda yang memiliki keistimewaan khusus, diantaranya:

a. Dioda Zener

Dioda zener adalah tipe dioda yang spesial, di mana arus dapat mengalir pada arah kebalikan. Dioda zener sebenarnya sama seperti dioda biasa dapat mengalirkan arus pada arah bias maju. Jika di bias terbalik juga bekerja seperti biasa, kecuali bila mencapai tegangan yang bekerja pada zener/break down voltage, dioda zener akan mengalirkan arus listrik dalam arah bias terbalik atau mundur.



b. Light Emiting Dioda (LED)

Yaitu jenis dioda yang mampu menghasilkan cahaya apabila pada dioda tersebut bekerja arus listrik dengan arah forward bias/ bias arus maju. Arus listrik juga akan bekerja hanya pada arus bias maju.



c. Dioda Foto

Jika semi konduktor menyerap cahaya, maka dapat tercipta pasangan elektron bebas-lubang yang melebihi jumlah yang telah ada dalam semi konduktor itu akibat kegiatan termal.



4. Aplikasi dioda

Aplikasi dioda pada kendaraan banyak digunakan untuk penyearahan arus seperti pada sistem pengisian. Fungsi dioda adalah sebagai penyearah arus dari arus bolak-balik menjadi arus searah agar dapat dimanfaatkan untuk mengisi baterai dan menyuplai kebutuhan arus pada kendaraan. Fungsi lain dioda ini pada kendaraan adalah sebagai anti shock tegangan.



5. Penerapan Dioda Dalam Rangkaian Penyearah

Karena sebuah dioda sambungan P-N hanya dapat mengalirkan arus listrik dalam satu arah, maka diode dapat dimanfaatkan sebagai penyearah (rectifier) untuk mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).




BAB III


PENUTUP



A. Kesimpulan

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya.



B. Saran

Dibutuhkan saran yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini.




DAFTAR PUSTAKA



http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/teknik-elektro/makalah-dasar-elektronika.





Untuk Selanjutnya bisa anda download dibawah ini ...!!!



Download : tusfiles | mediafire [106 kb - doc]






Posted by Unknown, Published at 20:36 and have 1 komentar

1 komentar:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Jangan Cuman di Baca aja, Tinggalin Komentar juga ya...!!!